Berikut Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik Mendadak

Penyebab temperatur mobil naik biasanya disebabkan karena suhu panas mobil anda yang tidak terkendali. Ketika sebuah mobil dipakai berkendara, sangatlah wajar apabila temperatur suhu mesin akan semakin naik. Ini adalah kondisi umum mesin yang tengah bekerja mengeluarkan suhu panas.

Akan tetapi, bakal menjadi masalah kalau suhu mobil naik secara drastis dan mendadak. Berikut penyebab temperatur mobil naik mendadak.

Kebocoran radiator

Radiator adalah komponen penting yang bertanggung jawab dalam sistem pendinginan mobil. Kalau suhu mobil tiba-tiba naik turun secara drastis, maka disinyalir ada kerusakan pada bagian radiator.

Salah satu penyebab temperatur mobil naik akibat radiator adalah kebocoran. Jika sudah bocor, maka pastinya sistem pendinginan tidak bisa bekerja optimal.

Fan belt dan kipas tidak bekerja maksimal

Fan belt adalah tali kipas yang punya peran penting menjaga suhu dalam mesin kendaraan. Bila tali ini tidak bekerja optimal, maka akibatnya panas mesin mobil tidak dapat dihindari. Selain dari kipas, penyebab temperatur mobil naik pun bisa dari kipas pendinginnya sendiri.

Kipas yang sudah kotor, macet, lemah, dan switching-nya mati tidak akan maksimal dalam mengubah suhu panas menjadi lebih dingin. Itulah kenapa temperatur mesin kendaraan anda jadi sangat tinggi secara tiba-tiba. 

Salah pakai air radiator

Air radiator juga memengaruhi kondisi komponen radiator secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pemilihan air radiator pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Jika tidak menggunakan jenis cairan yang direkomendasikan untuk dijadikan pendingin, maka hal tersebut akan menjadi penyebab temperatur mobil naik. 

Paling parah, ada pemilik kendaraan yang mengisi air radiator dengan air tanah, air sumur, atau air mineral biasa saat kehabisan cairan di dalam radiator. 

Padahal, ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang bisa memicu penyumbatan mesin. Karenanya, selalu pastikan anda membawa cairan pendingin khusus untuk berjaga-jaga apabila air radiator habis.

Oli kotor atau rusak

Selain karena radiator dan komponennya, penyebab temperatur mobil naik juga bisa berasal dari oli. Belum banyak yang menyadari bahwa fungsi oli tidak hanya sebagai pelumas mesin, tapi juga pendingin dan penyekat di dalam ruang mesin.

dirilis Harga Resmi Honda CB150X

lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, harga Honda CB150X akhirnya dirilis Tipe terendah dihargai Rp 32,95 juta sementara tipe Special Edition (SE) Rp 33,45 juta.

Honda CB150X yakni adventure touring 150 cc ditawarkan dalam tiga pilihan warna Mandala Red, Amazon Matte Green dan Volcano Matte Black.

unit 1-silinder 150cc DOHC berpendingin cairan. Padanannya ialaha transmisi 6-percepatan Dari sana bisa didistribusikan tenaga sejumlah 11,5 KW (15,63 PS) yang memuncak di level 9.000 rpm Torsinya pun mirip dengan saudaranya yang berbagi mesin, CB150R di angka 13,8 Nm/7.000rpm.

akselerasi 0-200 meter 10,9 detik. Didukung dengan sistem  pembakaran injeksi PGM-FI menjadikan motor adventure ini ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar yaitu 38 km/L berdasarkan hasil tes ECE R40.

Untuk kemudahan berkendara, full digital panel meter hadir dengan tampilan layar besar berkesan tangguh mampu menampilkan berbagai informasi antara lain gear position, konsumsi bahan bakar rata-rata A & B, konsumsi bahan bakar instan, dan penunjuk waktu.