Mesin Mobil Sering Overheat? Berikut Ciri-Ciri Air Radiator Cepat Habis

Salah satu komponen yang penting pada sistem pendingin mobil yaitu air radiator. Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar suhu mesin mobil kesayangan anda tetap optimal.

Terdapat beberapa penyebab air radiator berkurang, air radiator yang kurang dapat mengakibatkan suhu mobil meningkat. Hal tersebut akan menggaggu performa mobil kesayangan anda. Berikut merupakan penyebab air radiator berkurang.

Tutup radiator melemah

Tekanan tutup pada radiator yang sudah melemah dapat menjadi salah satu penyebab berkurangnya air radiator, karet yang terdapat dibagian tutup radiator yang rusak dapat menyebabkan air radiator lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

Hal tersebut membuat air radiator mengalir cepat menuju tabung untuk air cadangan, bahkan sebelum pressure valve terbuka.

Kebocoran water pump

Water pump merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa serta sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan menyebabkan penurunan volume air radiator yang cukup drastis.

Biasanya kerusakan komponen ini dikarenakan usia pemakaiannya yang terlampau tua dan terkena rendaman air sehingga membuatnya keropos dan berkarat. 

Bocornya sirip radiator

Kebocoran yang terjadi pada sirip radiator biasanya tidak akan mudah terlihat dikarenakan beberapa hal, seperti sudah kering ataupun menguap sebelum air menetes.

Kebocoran pada kompresi mesin biasanya terjadi saat tutup radiator tersebut dibuka lalu mesin dihidupkan, maka terjadi gelembung gelembung yang tidak berhenti. Bahkan saat mesin digas, maka air radiator akan menyembur keluar.

Sebenarnya kebocoran ini dapat anda perhatikan dari beberapa tanda yang diperlihatkan oleh mesin, misalnya saja pada kondisi busi yang selalu basah, oli mesin yang tercampur dengan air dan masih banyak lainnya.

Selang radiator rusak

Selang radiator rusak dapat terjadi karena usia pakainya terlalu lama, tekanan dan suhu air radiator yang tinggi dapat mengakibatkan daya tahannya menurun.

Jika mobil anda mengalami ciri-ciri tersebut segera ke bengkel mobil terdekat agar kerusakan mobil kesayangan anda tidak merembet kemana-mana.